Rabu, 22 Februari 2012

Rahasia Cord : Hanya Ada Tiga Not



            Tangga nada adalah bahan dasar untuk membuat musik. Kalau kamu memainkan satu demi satu (tidak harus urut), hasilnya adalah satu alur melodi. Tapi kalau memainkan kamu memainkan beberapa not bersamaan, hasilnya adalah chord. Jadi chord adalah kesatuan bunyi dari tiga not atau lebih.

            Chord mayor terdiri atas not 1, 3, dan 5 dari sebuah tangga nada. Sedangkan chord minor  mengandung not 1, 3b (not ketiga diturunkan setengah tone) dan 5. sekarang bunyikan bersamaan not 1, 3, dan 5, dari tangga nada  mayor: yakni C, E, dan G. maka kamu akan mendapatkan chord C mayor. Sekarang coba bunyikan C, Eb, dan G maka kamu akan mendapatkan chord C minor.
Catatan: Eb sama artinya dengan D#, yaitu not yang terletak antara not D dan E.

            Untuk lebih jelas lagi, mari kita lihat contoh lain. Tahukah kamu not apa saja yang membentuk chord A mayor? Sesuai rumis jarak tangga nada mayor ( 1 – 1 – ½ - 1 - 1 - 1 – ½). Maka urutan yang membentuk tangga nada A mayor adalah A – B – C# - D – E – F# - G# - A. dengan demikian, maka chord A mayor berisi A, C#, dan E (not ke-1, 3, dan 5 dari tangga nada A mayor).

            Demikian juga chord minor: kamu tinggal menurunkan not ke-3 sebanyak setengah tone. Jadi chord A minor (bisa di tulis Am) terdiri atas not A, C, dan E. C kita dapatkan dari C# (pada chord A mayor) yang kita turunkan setengah tone menjadi not C.


sebelumnya anda harus memahami tentang not-not yang ada pada freetboard gitar
biar lebih jelas, bisa melihat bentuknya disini

dikutip dari buku "Membongkar Rahasia Chord Gitar", Jubing Kristianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar