Rabu, 14 Maret 2012

Partitur Susah.. Tablatur Aja (Cara Baca Tablatur)

            Partitur adalah tulisan yang digunakan oleh musisi untuk menyampaikan atau menyimpan nada-nada. Partitur dapat digunakan pada semua alat musik (yang penting tau bacanya). Belajar partitur tidaklah mudah, Guru seni saya waktu SMP aja mengaku sudah belajar partitur selama beberapa tahun, namun belum lancar. Waduuuuhhh,, apalagi kita-kita yang belajar musik untuk sampingan saja, pasti keduluan bosan (mungkin).

Gambar Partitur


            Nahhh, Oleh karena itu ada yang namanya Tablatur yang dapat membantu kita. Fungsinya sama seperti partitur, namun tablatur digunakan untuk alat musik yang berbasis freet (seperti gitar dan bass). Cara belajarnyapun gak lama kok. sehari udah bisa, bahkan beberapa menit saja. Tablatur ini lah yang dapat membantu kita mempelajari lagu-lagu yang mungkin susah buat kita untuk ngulik-nguluk sendiri.. So, ayo kita coba..

Gambar Tablatur

               Nah, disini kita lihat ada partitur dan tablatur. Yang atas itu Partitur dan yang bawah yang segaris dengan tulisan TAB itu lah yang namanya tablatur. untuk partiturnya kita anggap aja tidak ada, kan kita belajar tablatur.

               okee,, jadi garis mendatar itu adalah senarnya. Senar satu adalah garis yang paling atas, garis dibawahnya adalah senar dua, begitu seterusnya hingga senar 6(garis yang paling bawah). gampang kan?? bentuknya sama seperti gambar gitar.

               Nah, disana ada nomor.. maksudnya apa??? Okeeee,, jadi nomor itu adalah kolomnya, misalnya ada nomor 3 di garis yang paling bawah, berarti kita bunyikan senar 6 di kolom ke 3. Lalu ada angka 0 pada senar 5, berarti kita bunyikan senar 5 tanpa menekan kolomnya (not open string). ada angka 2 di senar 5, berarti kita bunyikan senar 5 dengan menekan kolom 2.. dan begitu seterusnya. Mudah bukan??? Lihat gambar di atas agar lebih jelas.


             Contoh pertama adalah contoh tablatur dlm bentuk melodi, Nah untuk penulisan Chord, angka-angkanya di tuliskan vertikal, bedanya jelas bukan??? Cuman untuk chord, not-not tersebut di bunyikan bersama-sama(digenjreeeengg). lihat gambar di atas.

untuk garis yang vertikal tidak pengaruh di not. hanya pembatas di setiap barnya.

              kekurangan dari tablatur adalah tidak memiliki panjang pendek di setiap notnya.. Namun ada beberapa simbol yang tidak ada pada partitur namun ada pada tablatur. Misalnya hemmer on, pull off. bending, slide dkk.

              Nah sekarang kamu sudah bisa membaca tablatur. Tulisan ini jangan hanya dibaca dan di pahami, namun juga di coba. Untuk itu kamu bisa mencoba mencari tablatur lagu-lagu lewat google search. misalnya ingin mencari lagu Dream Theater, tulis saja "Dream Theater Tabs" di google, atau 'judul lagu' tabs.

Semoga bermanfaat..
Selamat Mencoba..

2 komentar: