Rabu, 25 April 2012

Pentatonik Mayor Dan Penggunaannya

                  Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Pentatonik Minor yang dapat kita manfaatkan untuk bermain blues. Nah, Pentatonik ada juga yang Mayor loh. Pentatonik berasal dari kata Penta yang berarti lima dan tonic yang berarti nada, jadi tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang memiliki lima nada.

                  Pentatonik Mayor scale adalah Tangga Nada mayor (Mayor scale) yang tidak menggunakan not ke-3 dan ke-7nya. Dalam kata lain, not fa (4) dan si (7) dalam tangga nada mayor kita buang. Jadi Pentatonik mengandung not-not 1 2 3 5 6 1. Passss,, cuma lima not kan??? (do(1) dengan do(1) yang tinggi dihitung satu nada). Jadi, pentatonik Mayor yang dimainkan dari nada dasar C mengandung not-not C D F G A dan C. Berikut Tablaturnya untuk dipraktikkan.


                    eiiiittzzzz... coba perhatikan dan mainkan formasi tersebut!!!!!
jika anda perhatikan, Formasi tersebut adalah Formasi ke 2 dari pentatonik minor yang bernada dasar A.


                      ternyata Formasi 1 Pentatonik Mayor = Formasi 2 Pentatonik minor. Ingat sekali tu. Jadi, kita tidak perlu menghafal kedua scale ini karena sebenarnya kedua scale ini adalah sama. Hanya berbeda pada Nada dasarnya saja.

                      Untuk meyakinkan lagi, C pentatonik Mayor mengandung not C D E G A C dan A pentatonik minor (artikel pentatonik minor) mengandung not A C D E G A. Perhatikan, kedua tangga nada tersebut memiliki not yang sama. Dengan pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa C Pentatonik Mayor = A pentatonik minor. Begitu juga dengan nada yang lain,. 

                      Nah, jadi anda cuman perlu menghafal salah satu scalenya saja kan???

                      Oke, untuk penggunaannya bisa untuk membangun notasi/solo pada lagu dengan nada dasar Tangga nada Mayor.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar