Kamis, 15 Maret 2012

Beberapa Teknik Sederhana Gitar Memperindah Permainan

            Mungkin banyak yang sudah tau tentang teknik-teknik ini, tapi mungkin bisa dibaca lagi siapa tau bermanfaat. Atau mungkin anda sudah tau, tapi tidak tau namanya, so mari kita bahas..

            Teknik-teknik ini mungkin wajib anda ketahui dalam permainan gitar, terutama untuk bermain melodi.

1. Bending
           Bending adalah menaikan senar hingga nadanya berubah(naik) menjadi nada tertentu. Caranya mainkan suatu nada, lalu naikkan senarnya hingga mencapai nada tertentu. ada tiga jenis bending ini, yaitu semitone bend(menaikan senar hingga mencapai nada di freet sebelahnya) , wholetone bend(menaikkan nada hingga dua freet lebih tinggi dari nada pertama), dan Release Bend(dimana kita menaikkan senarnya dulu baru di bunyikan dan turunkan senarnya hingga mencapai nada semula). berikut contohnya pada tablatur:

2. Hammer-On(h) dan Pull-Off(p)
           Caranya  petik nada pertama lalu bunyikan nada kedua dengan menekan senar tanpa memetik kembali. Untuk perbedaan antara keduanya, lihat tablatur berikut:
3. Trill
            Caranya petik nada pertama lalu bunyikan nada kedua dan pertama berulang-ulang dengan menekan senar tanpa memetik kembali. Lakukan dengan tempo yang relatif cepat.
4. Slide (s atau /)
           Petik nada pertama di freet 5 lalu geser ke nada kedua di freet 7 tanpa memetik kembali.
5. Vibrato
           Vibrato adalah getaran, cara memainkannya adalah petik suatu nada, lalu turunkan  dan naikkan sedikit senarnya, akibatnya nadanya bergetar.
6. Palm Mute
            Teknik ini sangat sering digunakan, mainkan teknik ini dengan Power Chord dengan suara distorsi gitar elektrik. Metal jadinya mament.. cara memainkannya letakkan sisi luar telapak tangan kananmu hingga menyentuh senar sedikit saja, tapi jangan terlalu menutupi senar karena nadanya akan tidak terdengar. lalu petiklah.
7. Tapping
            Tempatkan jari kirimu di freet 10. tekan nada di freet 12 dengan telunjuk jari kanan hingga berbunyi. Lepaskan sambil sedikit menyentil hingga bunyi nada di freet 10.
              Untuk lambang pada tablaturnya tidak harus seperti yang tertulis di atas. Tergantung si pembuat tablatur tersebut. Biasanya setiap tablatur memiliki keterangan untuk simbol-simbol tersebut. Yang terpenting adalah anda sekarang tau cara memainkan dan namanya.

              Jika kurang faham mungkin bisa lihat lesson-lessonnya di youtube dengan menuliskan nama tektik-teknik di atas pada kolom pencariannya. Dan maaf untuk gambar tablaturnya yang sangat sederhana.. hehehe

Semoga bermanfaat..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar