Sabtu, 17 Maret 2012

Tangga Nada Mayor (Mayor/Ionian scale) Sebagai Dasar

              Mayor scale adalah hal dasar yang perlu di ketahui dalam bermain musik. Karena untuk melanjutkan ke teori-teori selanjutnya, perlu tau dulu mengenai dasarnya. So, ini dia Mayor scale.

             Sebelumnya sudah di bahas mengenai mayor scale ini (klik). Dimana do re mi fa sol la si do ini lah yang namanya mayor scale. Sekarang bagaimana jika kita memainkannya di gitar?? simak!

ini adalah tangga nada mayor yang dimainkan dengan nada dasarnya dari E.
Dan not-notnya adalah E F# G# A B C# D# E. baca ini.
untuk belajar baca tablatur di atas klik.


                Berikut adalah scale mayor yang anda bisa latihankan setiap hari agar lebih lancar main mayornya. dan ini juga berfungsi sebagai penjarian yang berguna untuk mempercepat permainan anda. Asalkan dilakukan setiap hari. Dan jangan asal cepat saja, mulailah dari tempo yang sangat pelan lalu anda bisa menaikkan temponya secara bertahap. Scale ini saya tuliskan dengan nada dasar G.

Main scale di atas. Dan anda bisa gabungkan semuanya menjadi scale yang lebih panjang.
anda juga bisa menggunakan teknik khusus yang anda miliki (klik).
Atau anda ingin tambahkan juga bisa, yang penting sesuai teori dan menguasai teori sebelumnya (tangga nada mayor dan not-not pada gitar). Dan anda juga bisa latihan dengan nada dasar lain dengan menggunakan teknik pergeseran tanpa merubah formasi jari anda.

Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar